LP2M Adakan Pembekalan Untuk Peserta KKN 2023

Sumber foto: Malika/DinamikA

klikdinamika.com– Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mengadakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2023 dengan tema Moderasi Beragama yang dilaksanankan di Auditorium Student Center Universitas Islam Negeri Salatiga, Senin (09/01/2023).

Berdasarkan Pengumuman Pelaksanaan Kegiatan KKN Tahun 2023 yang dikeluarkan LP2M Nomor: B-500/Un.29/L1/PM.03.1/12/2022 berisi tentang informasi dan Jadwal pembekalan.

Pada pengumuman tersebut, pembekalan KKN ini dilaksanakan secara luring sesuai jadwal dengan proses daftar hadir peserta dilaksanakan secara online di lokasi pembekalan. Kegiatan ini bersifat wajib bagi peserta KKN Tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 2-11 Januari 2023.

Ari Setiawan, selaku Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mengatakan bahwa tema KKN tahun ini adalah moderasi beragama, yang telah disesuaikan oleh Kemenag pusat.

“Untuk tema dari KKN ini sudah tercantum di layar yaitu Moderasi Beragama, kenapa memilih tema tersebut karena disesuaikan dengan panduan yang disampaikan oleh kemenag pusat, jadi patokannya dari sana,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tujuan dari pembekalan ini untuk mengedukasi mahasiswa yang ingin mengikuti KKN.

“Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa dapat paham betul mengenai lokasi, tata krama dan cara berlaku di lapangan,” ungkapnya.

Sukamdi, selaku Camat dari Kecamatan Jambu yang menjadi salah satu pemateri dari acara tersebut mengungkapkan dengan adanya mahasiswa KKN dapat meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Dengan adanya teman-teman KKN bisa membantu meningkatkan penjualan produk-produk yang ada di Kabupaten Semarang,” jelasnya ketika menyampaikan materi.

Fakhotun Nafacha, mahasiswi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang merupakan salah satu peserta KKN di Kabupaten Semarang mengatakan bahwasanya acara tersebut lebih terkonsep dan terjadwal.

“Pembekalan ini lebih terjadwal dan terkonsep, jadi kita mudah menerima informasi dalam pelaksanaan KKN,” ungkapnya.

Romadhon Hidayat, mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) salah satu peserta KKN di daerah Kabupaten Magelang menambahkan bahwa pembekalan pada tahun ini sangat baik karena memberi penjelasan yang sangat lengkap.

“Sangat baik, karena pembekalan ini untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN karena dalam pembekalan itu banyak materi yg harus kita tau, contoh saja kaya letak geografis, demografi ekonomi masyarakat, tata krama sosial, dan termasuk kultur sosial yang ada,” jelasnya. (Malika/Najla/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *