Cek Fakta: “Surat Suara Tercoblos Ilegal di Malaysia pada Pemilu 2024”

Sumber Foto: Screenshot akun TikTok @haji_gus_mahzun

Klikdinamika.com– Sebuah video yang diposting oleh salah satu akun TikTok di beredar sosial media. Video menampilkan tumpukan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam amplop. Beberapa orang kemudian tampak membuka amplop dan mencoblos surat suara.

Pencoblosan dilakukan pada gambar Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Selain itu, beberapa surat suara untuk calon aggota legislatif juga dicoblos.

Berikut narasi yang disertakan di salah satu unggahan: Parah mulai pusing dan culas.

Link Video: https://vt.tiktok.com/ZSFj88y8G/

Narasi yang Beredar

Video yang diunggah oleh akun @haji_gus_mahzun menampilkan surat suara Pemilu 2024 tercoblos secara ilegal di Malaysia. Video yang diunggah pada 6 Februari 2024 tersebut telah mendulang 310,8 ribu kali diputar, 12,9 ribu disukai, 3.225 disimpan, dan 8,6 ribu dibagikan hingga Kamis (15/2). 

Sumber Foto: Screenshot akun Tiktok @mr.khairul.fuad

Namun, benarkah terjadi pencoblosan surat suara Pemilu 2024 secara curang di Malaysia?

Hasil Penelusuran

Video yang beredar memperlihatkan beberapa orang mencoblos surat suara Pemilu 2024, untuk pemilihan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) serta calon anggota legislatif. Video yang identik ditemukan dalam berita CNN Indonesia, diunggah pada 8 Febuari 2024, terkait dugaan kecurangan pemilu 2024.

Sumber Foto: Screenshot laman web CNN Indonesia

Berita itu menjelaskan bahwa Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, mengaku menemukan video dugaan kecurangan Pemilu tersebut terjadi di Malaysia.

Sumber Foto: Screenshot hasil pencarian Google

Dari penelusuran Tim CekFakta DinamikA, dalam penelusurannya mengunakan kata kunci Surat Suara dicoblos di Malaysia melalui mesin pencari Google, hasil pencarian mengarahkan ke laman berita CNN Indonesia yang menjelaskan dugaan kecurangan Pemilu sebagimana diperlihatkan video yang beredar.

Diduga orang-orang yang tidak bertanggung jawab telah mencoblos pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan calon legislatif tertentu, supaya menang di Malaysia. Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) pun menyatakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Kuala Lumpur, Malaysia, tengah berusaha memeriksa dugaan pelanggaran tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran dan pernyataan berbagai sumber, jelas bahwa video tersebur “benar“.
 
Kemunculan video itu telah dilaporkan TKN Prabowo-Gibran ke Bawaslu dan tengah ditindaklanjuti Panwaslu Kuala Lumpur. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun menerjunkan tim investigasi untuk menelusuri kebenaran dugaan-dugaan tersebut. (Tim Cek Fakta DinamikA)

Tulisan ini merupakan bagian dari project lanjutan dalam acara “Empowering Youth to Combat Missinformation” yang diselenggarakan AJI Indonesia pada 15-16 Desember 2023 di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *