Viral Video Jalan di Salatiga Sepi Lantaran PPKM Darurat

Sumber foto: @hikam77

Klikdinamika.com, Salatiga- Viral hasil video yang memperlihatkan jalanan di sepanjang kota Salatiga sepi akibat dukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Pembuat video tersebut adalah mahasiswa asal IAIN Salatiga yang diunggah pada akun @hikam77 pada 4 Juli 2021, Senin (12/7/2021).

Kebijakan PPKM darurat yang dimulai sejak tanggal 3 hingga 20 Juli 2021, khususnya di Jawa dan Bali ini digalakkan untuk menekan laju kasus covid-19 yang masih menunjukkan peningkatan. Untuk mendukung kebijakan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga melakukan Gerakan Salatiga di rumah saja.

Adanya gerakan tersebut membuat Hikam Abdullah, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) merekam suasana PPKM di salatiga.

Hikam menjelaskan bahwa, video diambil dihari pertama PPKM. Pembuatan video tersebut agak rumit, dikarenakan dirinya harus set kamera gimbal berpindah-pindah tempat. Serta dalam mengambil presisi nya harus sama dari pagi hingga malam. Untuk proses editingnya membutuhkan waktu dua jam. Lalu hasil karyanya itu diungah di akun Instagram pribadinya dan berujung viral.

Ia mengaku kaget saat mengetahui videonya tersebut viral hingga direpost oleh Walikota Salatiga.

“Saya ngga tau dan ngga niat untuk viral si mba, lebih ke produktif saja. Melihat kesempatan dan kondisi Salatiga sepi, pengen ngedraft saja, ngga tau nya bisa sampe ke pak Yuli (Walikota Salatiga), dan beberapa pihak”, tambahnya saat diwawancarai Klikdinamika.com via WhatsApp.

Video tersebut merupakan inisiatifnya sendiri dan bukan hasil kerja sama dengan pemerintah kota Salatiga.

“Wong awalnya cuma gabut, kan biasanya juga produksi film, karena PPKM ini jadi ngga bisa produksi lagi. Jadi lebih ke pengen produktif biar tangannya ngga kaku” jelasnya.

Mahasiswa semester 6 ini juga mengaku respect akan warga Salatiga yang patuh akan peraturan.

“Alhamdulillah, warga Salatiga nurut dengan aturan pemerintah, meski ekonomi sedang sulit mereka tetap taat akan aturan”. (Ade/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *