Siasati Petugas, Berikut Tips Lolos Mudik 2021

Oleh: Nur Afifah A

Momen bulan Ramadan menjadi pertanda akan memasuki Hari Raya Idul Fitri. Sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia untuk pulang kampung alias mudik lebaran. Sejak pemerintah meresmikan pelarangan mudik lebaran 2021, masyarakat tak tahan ingin pulang kampung. Larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri selama tanggal 6-17 Mei 2021. Melalui surat edaran tersebut, pemerintah secara tegas melarang masyarakat melakukan mudik lebaran untuk mencegah penularan virus covid-19.

Eiits.. Jangan galau dan jangan risau. Masyarakat masih bisa mudik walaupun surat edaran telah diresmikan. Berikut adalah tips untuk masyarakat Indonesia agar lolos dari pelarangan mudik 2021:

  1. Curi Start atau Mudik Lebih Awal
    Tips ini sangat ampuh bagi pemudik yang ingin lolos dari pelarangan mudik 2021. Tak sedikit pemudik telah memilih pulang kampung lebih cepat sebelum waktu pemberlakuan larangan mudik lebaran yang ditetapkan pada tanggal 6-17 Mei 2021. Agar rencana lebaran Idul Fitri bersama keluarga terlaksana tanpa ada pelarangan mudik, pemudik juga harus mampu mensiasati pekerjaan yang harus terselesaikan lebih dulu.
  2. Pilih Naik Transportasi Darat
    Bagi pemudik yang nekat untuk pulang kampung sebelum lebaran, lebih baik menggunakan transportasi jalur darat. Sebab, harga tiket transportasi darat lebih murah daripada transportasi lain seperti pesawat dan kapal. Dengan ini tak ada biaya tambahan lebih alias lebih hemat ongkos. Selain itu, dapat mensiasati petugas dalam pengecekan oleh Satuan Petugas (satgas) Covid-19 yang tak terlalu ketat. Lebih bagus jika pemudik pakai kendaraan pribadi dikarenakan lebih aman dan nyaman. Petugas juga akan sulit menjangkau pemudik yang pakai kendaraan pribadi. Tapi jangan lupa tetap memakai kendaraan sesuai standar keselamatan agar selamat sampai tujuan.
  3. Lewat Jalan Tikus
    Pemudik bisa melewati jalan tikus apabila takut akan pengecekan dari petugas. Jalan tikus bukan berarti jalan hewan tikus, ya. Jalan tikus adalah istilah yang digunakan sebagai jalan tembus yang melewati jalan lingkungan kecil. Nah, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi harus pintar-pintar mencari jalan tikus agar terhindar petugas.
  4. Mudik di Malam Hari
    Selain waktu siang hari, waktu malam hari sudah menjadi favorit bagi pemudik untuk pulang kampung. Mudik malam hari cenderung memiliki kondisi yang sepi dan terhindar dari lalu lintas yang macet. Petugas pengecekan juga sulit ditemukan apabila pada malam hari. Namun, pemudik harus lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih mempersiapkan kondisi tubuh agar lebih segar saat berkendara.
  5. Menggunakan SIKM
    Surat Izin Keluar/Masuk atau SIKM dapat digunakan sebagai persyaratan bagi orang tinggal di luar atau masuk DKI Jakarta. Surat ini dikhususkan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. SIKM untuk masyarakat non-pekerja bisa didapatkan dengan meminta surat izin tertulis dari kepala desa atau lurah.

Jadi, bagaimana? Sudah kepikiran untuk mudik lebaran 2021? Atau masih takut dengan satgas covid-19?

Bagi para pemudik, jangan lupa tetap menjaga protokol kesehatan 5 M, ya! Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *