Wednesday, 20/9/2017 | : : UTC+0
LPM DinamikA

OPAK Fuadah Dibuka dengan Pelepasan Empat Burung Merpati

OPAK Fuadah Dibuka dengan  Pelepasan Empat  Burung Merpati

 

Klikdinamika.com, Salatiga – Fakultas Ushuludin, Adab, dan Humaniora (FUADAH) gelar Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK)  Fakultas pada Kamis (10/08) di kampus dua Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Acara diikuti oleh sekitar 280 peserta yg terdiri dari 30 mahasiswa semester 3 dan selebihnya mahasiswa baru. Peserta tediri dari lima jurusan di Fuadah yaitu Sejarah Peradaban Islam(SPI);  Bahasa dan Sastra Arab

(BSA);  Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT);  Ilmu Hadits (IH);  dan  Akhlak dan Filsafat Islam (AFI)

Acara OPAK Fuadah dibuka dengan  pelepasan empat  burung merpati oleh Dr.Benny Ridwan, M.A selaku Dekan Fuadah, Fairuz Kadomi selaku Ketua Panitia dan 2 peserta OPAK putra dan putri. Pelepasan burung merpati sebagai simbol kebebasan dalam pemikiran dan kebebasan dari dunia sekolah.  Kemeja  biru muda yang dikenakan oleh para peserta OPAK memiliki filosofi warna lautan yang luas seperti lautan tanpa batas. Hal tersebut  menandakan bahwa menuntut ilmu di Fuadah tiada batasan usia.

Pelepasan burung merpati mengawali OPAK FUADAH. (Zam/Dok. Dinamika)

Pelepasan burung merpati mengawali OPAK FUADAH. (Zam/Dok. Dinamika)

Di hari pertama, peserta OPAK disuguhi dengan  Materi Orientasi Akademik yaitu pengenalan  profil Fuadah oleh Dekan Fuadah.  Disusul dengan materi Kemahasiswaan (pemaparan tentang  mahasiswa dan Tri Dharma oleh Wakil dekan 3 bidang kemahasiswaan oleh Dr. Ghufron, M.Ag kemudian materi Menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam bingkai NKRI untuk menuju Indonesia Damai dan Bermartabat. Materi terakhir disampaikan oleh  oleh Dr. H. Miftahuddin, M.Ag  yang merupakan mantan aktifis 98 dan kini menjabat sebagai Dosen IAIN Salatiga.

Tidak hanya materi saja, OPAK kali ini juga ada lomba bernuansa ke-FUADAH-an seperti Qiraatul Kutub lomba kaligrafi, serta lomba bernuansa kebangsaan dengan menyanyikan lagu wajib nasional. Dalam OPAK yang digelar di Kampus 2 IAIN Salatiga tersebut juga dilanjutkan pengenalan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tingkat FUADAH yang Meliputi Senat Mahasiswa(SEMA), Dewan Mahasiswa(DEMA) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ). (Zam/Red)

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Email: redaksi@klikdinamika.com

Phone: 089668318523

Address: Gd. A Lt. 2 Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar no. 2 Salatiga