Friday, 18/8/2017 | : : UTC+0
LPM DinamikA

Banjir Bandang di Magelang, ORMAWA Gelar Aksi Sosial

Banjir Bandang di Magelang, ORMAWA Gelar Aksi Sosial

Klikdinamika.com, Salatiga – Gabungan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) mendistribusikan hasil penggalangan dana untuk korban bencana banjir bandang di Dusun Nipis, Desa Sambungrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang pada Jumat (5/5). Aksi penggalangan dana sebelumnya telah digencarkan oleh Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) baik dari institut maupun fakultas, serta dibantu penuh oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dari lima fakultas yang ada di IAIN Salatiga. Sedikitnya 21 mahasiswa berangkat untuk mendistribusikan hasil penggalangan dana tersebut. Rombongan delegasi menuju lokasi bencana sekitar pukul 09.30 WIB dari kampus terpadu IAIN Salatiga.
Wakil Rektor III, Muh Khusen, berpesan kepada perwakilan aksi sosial bahwa kegiatan ini bukan ajang liburan, melainkan aksi sosial dengan wujud empati. Tidak hanya mendistribusikan dana dan barang namun ketika disana perlu bantuan tenaga, mahasiswa harus siap membantu. “Selain bantuan dana, mahasiswa juga harus turun tangan mengerahkan tenaga,” ujar Muh Khusen.
Sebelumnya, penggalangan dana dilakukan dengan berkeliling di setiap kampus dan secara sukarela. Tidak hanya dari mahasiswa, sumbangan juga di dapat dari seluruh sivitas yang ada di IAIN Salatiga. Selain berupa uang, sumbangan juga berupa logistik sandang dan pangan. Dana terkumpul sebanyak Rp8.190.000. Uang tunai sejumlah Rp5.050.000 disumbangkan dalam bentuk uang sedangkan sisanya dibelanjakan untuk barang yang sekiranya dibutuhkan para korban.
Mahasiswa pun telah bekerjasama dengan Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) yang berada di tempat kejadian. Penggalangan dana diserahkan di satu tempat, namun untuk alokasinya akan dibagikan merata ke wilayah yang terkena imbas bencana.
“Paling tidak mahasiswa bisa meringankan beban. Bisa menaikkan psikologi korban akibat trauma akan banjir. Kami sebagai mahasiswa juga ingin menujukkan rasa peduli kepada mereka agar bisa menambah semangat dan tidak trauma lagi,” ujar Ahmad Wasi’uzzulfa, selaku Presiden Mahasiswa Institut. (Id/Red_)

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Email: redaksi@klikdinamika.com

Phone: 089668318523

Address: Gd. A Lt. 2 Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar no. 2 Salatiga