LPM DinamikA Undang Guru Gembul dalam Rangkaian Journalism Festival 2024

Seminar Journalism Festival 2024 sukses digelar di Auditorium Student Center (Sumber Foto: Anas/DinamikA).

Klikdinamika.com–Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) DinamikA mengundang Youtuber ternama, Guru Gembul, dalam Seminar Journalism Festival 2024 dengan tema “DinamikA Pendidikan: Catatan Hitam Kebutuhan Industri”. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Student Center Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Senin (30/9/2024).

Guru Gembul menjelaskan dalam pemaparan materi, bahwa pendidikan dibagi menjadi 5 level dan Indonesia belum mencapai salah satu dari 5 level tersebut.

“Pendidikan itu jika diibaratkan level, maka ada 5 level pendidikan. Pertama, pedagogi (yang menginspirasi). Kedua, andragogi (seimbang antara guru dan siswa). Ketiga, etagogi (siswa yang belajar). Keempat, paragogi (siswa yang intelektual). Terakhir, Cybergogi (antar negara, di antaranya google). Lalu, Indonesia level saja tidak sampai. Kenapa? Karena mentalnya orang Indonesia belum mampu,” jelasnya.

Guru Gembul juga menyampaikan bahwa Indonesia membutuhkan guru bukan sebagai status saja, tetapi sebagai peran guru yang dibutuhkan.

“Kita butuh guru sebagai peran, bukan status,” ujarnya lagi.

Selanjutnya, Guru Gembul berpesan untuk calon-calon guru. Jangan sampai pelajaran yang diajarkan oleh guru-guru kita zaman dahulu terulang kembali pada siswa zaman sekarang.

“Kita sebagai guru atau siswa, jangan menyalahkan guru kita di masa lampau, bahkan mengulanginya lagi. Untuk para calon guru yang ada di sini, sudah seharusnya kita melihat di masa sekarang,” pesannya.

Ketua acara, Achmad Azizi Falaqi, menyampaikan dalam sambutan bahwa dunia industri terus berkembang pesat. Sehingga, pendidikan sebagai salah satu penopang utama pembangunan bangsa, dituntut untuk bisa beradaptasi dan mencetak sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan di era masa kini.

“Dunia industri di Indonesia terus berkembang pesat. Pendidikan sebagai salah satu penopang utama, dituntut untuk mencetak sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan di era ini,” tegasnya.

Wahifatun Aliyah, salah seorang peserta seminar, menyatakan bahwa topik yang diangkat menarik, yaitu pemaparan materi yang disampaikan oleh Pak Guru Gembul.

“Topik yang paling menarik menurutku yang disampaikan oleh Pak Guru Gembul,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta lain, Himatul Aliyah, menyatakan bahwa seminar ini sukses membuka wawasannya.

“Materi yang disampaikan oleh pak Guru Gembul bermanfaat bagi kami, untuk lebih membuka wawasan mengenai perguruan tinggi,” ujarnya.

Himatul juga memberikan saran untuk seminar di masa mendatang,

“Ini sudah bagus pematerinya. Mungkin tahun yang akan datang lebih bagus lagi, dibuat jadi lebih seru,” sambungnya. (Emil/Degga/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *