SAN Salatiga Adakan Ekspedisi Merah Putih dalam Upaya Pengurangan Bermain Gadget pada Anak

Potret anak-anak peserta Ekspedisi Merah Putih SAN Chapter Salatiga (Sumber Foto: Azizi/DinamikA)

Klikdinamik.com–Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Salatiga kenalkan permainan tradisional dalam upaya pengurangan bermain gadget pada anak. Acara yang bertajuk Ekspedisi Merah Putih ini diselenggarakan di Taman Sidomukti Salatiga pada Minggu (8/9/2024).

Sebanyak 40 anak dari RT 3 dan RT 4 di kawasan Taman Sidomukti menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Ekspedisi Merah Putih kali ini diawali dengan acara yang cukup seremonial dan diisi serangkaian permainan tradisional pada acara puncak. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan dibarengi petugas pemandu. Selanjutnya, beragam permainan tradisional seperti cublak suweng, bentengan, lompat tali, gobak sodor, egrang batok, dan boiboian dimainkan oleh para peserta dan pemandu.

Nova Arisa Putri, selaku ketua pelaksana kegiatan, menjelaskan keunikan dari Ekspedisi Merah Putih hari ini.

“Secara garis besar itu seperti lomba tujuh belasan. Namun, yang menarik, di sini kami menggunakan tema permainan tradisional untuk mengurangi screentime pada anak,” jelas Nova.

Nova juga mengungkap kegiatan ini diadakan karena zaman sekarang banyak anak yang bermain gadget berlebihan.

“Melihat perkembangan anak, zaman sekarang mungkin agak sedikit melambat gara-gara screentime yang berlebihan, gadget, dan pengawasan orang tua yang kurang,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini mendapat respon yang baik dari masyarakat.

“Bapaknya (red: Ketua RT) sangat menyetujui adanya kegiatan ini. Bahkan, beliau juga ingin kegiatan ini secara berkala dapat dilakukan di sini,” tuturnya.

Senada dengan pernyataan Nova, Mei, orang tua salah satu peserta, mengungkap bahwa dirinya merasa senang dengan adanya acara ini dan berharap kegiatan semacam ini lebih sering diadakan.

“Ada acara seperti ini sebetulnya juga senang sih, Mas. Harapannya, ya, sering-sering diadakan acara seperti ini, agar anak itu makin luas wawasannya sama permainan tradisional,” terangnya.

Selain itu, Risky Ardiansyah, Koordinator SAN Chapter Salatiga, menyampaikan harapannya untuk periode SAN di masa mendatang.

“Next periode semoga bisa memperluas jaringan lagi terutama yang di Salatiga. Lalu, bisa menjalankan proker yang lebih banyak. Orang-orang Salatiga juga bisa lebih mengenal SAN Salatiga dan semakin baik lagi pastinya,” pungkasnya.

Diketahui, SAN Chapter Salatiga merupakan komunitas relawan muda yang berfokus pada masalah sosial dan pendidikan anak di pelosok daerah Indonesia. Sebagai komunitas cabang, SAN Chapter Salatiga sendiri berdiri sejak 2020. (Fakhrul/Azizi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *