Vakum 1,5 Tahun, Fatawa Mart Kembali Dibuka

Lokasi baru Fatawa Mart di belakang Fakultas Dakwah. (Sumber Foto: Istimewa).

Klikdinamika.com–Sejak vakum pada 2023 lalu, akhirnya Fatawa Mart akan beroperasi kembali pada September 2024. Kali ini lokasi Fatawa Mart berada di belakang Fakultas Dakwah (Fakda) Kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Kamis (7/8/2024).

Pada 2023, Fatawa Mart berlokasi di Kampus 1 dan sempat vakum dikarenakan adanya pemindahan bangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dari Kampus 1 ke Kampus 3.

“Sempat vakum karena saat itu Fatawa Mart berada di Kampus 1 dan di tahun itu mahasiswa di kampus 1 dipindah ke Kampus 3,” ujar Fahri–Direktur Utama (Dirut) Koperasi Mahasiswa (Kopma) Fatawa 2023–saat diwawancarai via WhatsApp.

Fahri menjelaskan, sebenarnya pada saat pertengahan 2023, Kopma telah memiliki rencana untuk mengaktifkan kembali Fatawa Mart. Kopma juga telah mendapatkan lokasi untuk menjalankan Fatawa Mart. Hanya saja, pada saat itu, belum dapat digunakan karena masih menunggu surat legalitas dan keringanan sewa dari rektorat.

“Di pertengahan tahun 2023 udah dapat lokasi, tapi belum bisa menggunakannya karena menunggu surat keringanan sewa dari rektorat,” ucap Fahri.

Menurut Ami yang saat ini menjabat sebagai Dirut Kopma Fatawa 2024, selain menunggu surat itu turun, persyaratan dari kampus yang lumayan susah juga mempengaruhi lamanya proses aktivasi Fatawa Mart.

“Dari kampus itu regulasinya susah. Pasti selalu ada aja alasan, mungkin kayak biaya sewanya, terus aturan-aturannya. Makanya, baru bisa buka tahun ini karena dari kampus itu, syaratnya lumayan sulit,” tegas Ami.

Antika–Dirut kopma tahun 2022–menambahkan, upaya yang dilakukan Kopma untuk dapat membuka kembali Fatawa Mart ini sangat panjang dan penuh liku. Pihak Kopma juga meminta bimbingan kepada alumni, pembina, pihak kampus, serta Kepala Subbagian (Kasubag).

“Saat itu juga kami banyak diskusi dengan alumni, pembina, juga pihak kampus bahkan ke Wakil Rektor 3–waktu itu Alm. Pak Sidqon–, lalu ke Pak Amin–waktu itu menjabat sebagai Kepala Subbagian (Kasubag). Kami banyak diberikan saran dan masukan, serta jalan keluar agar Kopma masih bisa mempertahankan bidang usahanya,” jelas Antika.

Selanjutnya Antika juga menjelaskan, bahwa Fatawa Mart saat ini berbeda dengan Fatawa Mart di Kampus 1, karena gedung atau bangunan yang saat ini sifatnya sewa bukan lagi fasilitas dari kampus.

“Jadi tidak seperti di Kampus 1, yang mana bangunan toko dan kantin itu sifatnya fasilitas. Kalau di Kampus 3 ini sewa,” jelas Antika.

Akhirnya, pada Juni 2024, penandatanganan kontra serta legalitas dari Fatawa Mart resmi diberikan kepada Kopma. Selanjutnya, Fatawa Mart direncanakan akan beroperasi pada September 2024.

“Untuk penandatanganan kontrak legalitas itu sudah terhitung sejak Juni kemarin. Rencananya akan beroperasi pada September, bersamaan dengan awal masuk Mahasiswa Baru (Maba). Nanti akan ada Grand Opening-nya juga, di sana kami akan membagikan diskon kepada pengunjung yang datang,” jelas Ami. (Nanda/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *