Solikin, Alumni IAIN Salatiga Yang Jadi YouTuber Sukses

Klikdinamika.com, Salatiga-alumni IAIN Salatiga, Muhammad Solikin menjadi YouTuber sukses dengan ribuan subscribernya. Pastinya, perjalanan yang dilalui tidaklah mudah. Perlu perjuangan yang panjang dan cukup berat.


Awal mula terjun kedunia YouTube karena ia merasa kecewa terhadap dunia nyata yang tidak serta memberikan kepastian. Sehingga pada tahun 2017 ia mulai membangun akun Youtube. Senin, (30/11/2020).


Untuk pengelolaan YouTube ia belajar secara otodidak dan dengan istiqomah ia rutin mempublish karyanya. “Belajar saya dari rasa terus penasaran, akhirnya saya belajar sendiri,” jelasnya saat dihubungi klikdinamika.com


“Saya konsisten mempublish, yang penting karya sendiri,” tambahnya. Meskipun saat ini sudah menyandang gelar sarjana hukum. Ia berfikir tidak ada keharusan untuk terjun ke dalam dunia hukum.

Sebab, baginya masa depan mempunyai banyak persimpangan yang harus dipilih. “Jalan yang kita tempuh sebagai sarjana hukum tidaklah sama, banyak jalan untuk menuju Roma,” cetus pria kelahiran Pati tersebut.


Dengan Channel YouTube yang ia beri nama “X Sholie Channel”, mantan ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah itu mendapatkan penghasilan.

Namun untuk nominal ia tidak mau menyebutkan berapa pundi uang yang didapatkan. “Wahh itu rahasia. Pokok lumayan lah,” tolaknya.


Akhir. “Gagal hari ini, bekal hari esok. Jangan fokus dunia nyata jika dunia maya tidak kalah pintarnya bikin kita bahagia,” pesan Solikin. (Saiful/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *