HMPS AFI Adakan Seminar Ngaji Filsafat Bersama Fahruddin Faiz

Seminar Nasional Ngaji Filsafat di Auditorium Student Center Prof. Dr. Achmadi (Sumber Foto: Anas/DinamikA).

Klikdinamika.com– Himpunan Mahasiswa Program Studi Akidah dan Filsafat Islam (HMPS AFI) Gelar Seminar Nasional Ngaji Filsafat bertajuk “Filsafat Islam Paripatetik: Merawat Harmoni Manusia dengan Alam” yang berlangsung di Auditorium Student Center Prof. Dr. Achmadi Kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Jumat (27/9/2024).

Acara Gelar Wicara Nasional yang dihadiri sekitar kurang lebih 400 peserta ini menghadirkan pemateri ternama, yaitu Dr. Fahruddin Faiz, S.Ag., M.Ag selaku Ketua Program Studi Doktor Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga.

Fahruddin Faiz, dalam pemaparan materi, menjelaskan soal ketergantungan manusia dengan alam. Oleh sebab itu, manusia yang sudah ditetapkan Allah menjadi khalifah di bumi, wajib menjaga kelestarian alam.

“Manusia sebagai khalifah di bumi, harusnya menjaga alam. Sebab, adanya alam ini, sebagai bentuk kasih sayang tuhan kepada manusia,” terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa manusia juga dituntut untuk menjadi baik terhadap alam, karena manusia adalah bagian dari alam.

“Manusia itu bagian dari kosmos. Manusia dituntut untuk baik, karena manusia adalah bagian dari alam. Kalau manusianya ngaco, maka jelas alamnya juga bakal ngaco,” ujar Fahruddin.

Ketua Acara, Putra, menyampaikan dalam sambutannya, bagaimana problematika manusia dan alam dimasa sekarang. Dengan harapan seminar kali ini dapat memberikan pemahaman lebih kepada peserta tentang hal tersebut.

“Dengan banyaknya problematika manusia dan alam di zaman sekarang, alangkah baiknya manusia tahu apa yang harus dihindari, karena adanya batasan-batasan antara manusia dengan alam,” tegasnya.

Ia juga berharap, dengan adanya seminar ini, mampu memberikan pemahaman lebih, terkait hubungan manusia dengan hewan.

“Dengan adanya seminar ini, diharap bisa memberi pemahaman lebih mengenai hubungan manusia dan hewan. Karena manusia itu hewan yang berakal, maka harus bijak dalam memisahkan mana yang benar dan pener,” imbuh Rizky.

Salah satu peserta seminar, Tasya, mengungkapkan kebahagiaannya dapat mengikuti Seminar Ngaji Filsafat dengan judul yang sangat relevan dengan keadaan zaman sekarang ini.

“Seneng banget bisa berkesempatan ikut Ngaji Filsafat bareng Pak Faiz di seminar AFI ini. Aku jadi lebih tahu, bagaimana peran filsafat dalam menanggapi problematika manusia dengan alam, yang sekarang juga sedang marak-maraknya terjadi. Pokonya isi seminarnya the best banget,” ungkapnya dalam wawancara singkat bersama Klikdinamika.com. (Disya/Anas/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *