Puspawarna Band Tampil Perdana dalam Seminar Nasional HMPS SPI

Pertunjukan musik dari Puspawarna Band di Auditorium Student Center (Sumber Foto: Anas/DinamikA).

Klikdinamika.com– Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sejarah Peradaban Islam (SPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, menampilkan pertunjukan musik dari Puspawarna Band di Auditorium Student Center, Senin (23/9/2024).

Acara seminar nasional ini menjadi penampilan perdana dari Puspawarna Band yang merupakan grup musik mahasiswa SPI. Band ini beranggotakan: Dieta dan Arum (vokalis), Iqbal (keyboardis), Raihan (lead gitar), Faiz (gitar ritme), Thoriq (bassist), dan Madjid (drummer). Grup musik ini tampil sebagai penutup rangkaian acara seminar nasional HMPS SPI.

Salah satu personil Puspawarna, Raihan, mengungkapkan perasaannya ketika pertama kali tampil diatas panggung.

“Karena ini baru pertama tampil, kan, ya, dan sebelumnya juga belum punya pengalaman gitu buat manggung. Nah, yang pasti kita ada rasa nervous, rasa deg-degan gitu. Yang aku rasakan pas main lagu pertama itu, temponya agak hancur lah. Tapi, pas udah masuk lagu kedua itu mulai agak pede lah,” ungkapnya.

Raihan menambahkan, ke depannya masih ada acara lain yang juga akan diisi oleh Puspawarna Band. Mereka juga akan menyaring para mahasiswa yang memiliki bakat dan minat di bidang musik.

“Ke depannya kita bakal latihan terus, karena nanti kan bakal ada acara-acara selanjutnya. Kita juga bakal menyaring seluruh mahasiswa, sementara ini untuk mahasiswa SPI, yang minat terhadap seni musik, terutama seni musik modern seperti ini,” imbuhnya.

Ammar, sebagai Ketua Panitia seminar, menjelaskan tujuan Puspawarna Band ditampilkan dalam acara seminar nasional ini.

“Puspawarna ini untuk mengenalkan produk dari fakultas kita sendiri, bahwa kita itu punya studio musik. Ya, lebih seperti kita itu punya suatu ciri khas begitu. Nantinya pasti band ini bakal ditampilkan lagi di acara-acara lain. Ya, tujuannya untuk mengembangkan kreativitas dari mahasiswa kita, terutama di bidang musik begitu,” jelasnya.

Melihat dari lain sisi, salah satu peserta seminar, Adam (bukan nama sebenarnya), merasa kecewa karena penampilan band justru ditampilkan saat penutupan acara. Sebab, pada waktu itu para audiens sudah mulai meninggalkan tempat seminar.

“Sebenarnya, saya agak kecewa dengan seminar ini. Tiba-tiba di akhir acara, malah ditampilkan pertunjukan band yang menurut saya terasa tidak tepat. Band ini tampil di penghujung acara, ketika sebagian besar audiens sudah mulai kehilangan fokus atau bahkan memilih meninggalkan tempat. Ini membuat penampilan band tersebut terasa kurang efektif,” terang Adam.

Adam juga menambahkan komentar soal perform Puspawarna Band yang menurutnya terlalu bagus untuk sebuah penampilan perdana.

“Padahal, jika dilihat dari performa mereka, saya tidak ada keluhan. Penampilan mereka terlalu bagus untuk sebuah penampilan perdana. Sayangnya, momen dan penempatan waktunya yang kurang tepat,” ucapnya saat diwawancarai oleh reporter Klikdinamika.com. (Madjid/Joysi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *