Wisatawan Budaya dari China Pelajari Islam di Fakultas Dakwah

Kliksalatiga.com, Salatiga – Fakultas Dakwah IAIN Salatiga kedatangan tamu wisatawan budaya dari China, Taiwan dan Hongkong pada Jumat (4/10/19). Kuliah tamu internasional ini diikuti setidaknya ratusan mahasiswa dan 12 warga asing.

Sebagai pemateri, Diana Lailatul Pitriah dan Noer Wachid mahasiswa jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) menyampaikan sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia.
“Islam dibawa dari Arab, ketika di Indonesia ya jadi Islam Nusantara. Islam yang kental dengan budaya dan tradisi, contohnya seperti sajen yang dahulu dipersembahkan untuk leluhur,” kata Wachid.

Lebih jauh, Diana memaparkan tentang transgender dalam Islam. “Bahwa Islam sangat menghormati wanita, dibanding dengan jaman jahiliah yang tega mengubur bayi perempuan hidup-hidup,” terangnya.

Rombongan wisatawan budaya ini bekerjasama dengan Yayasan Hidayah Bangsa (YHB). Direktur YHB, Prof Mahmud Jaelani mengatakan sudah sering menggandeng warga asing untuk kegiatan bersama. “Rombongan ini bilang bahwa mereka ingin belajar tentang Islam dan sebagainya. Untuk itu saya memfasilitasi dengan mengantarkan ke kampus ini, ke Fakultas Dakwah supaya mereka belajar langsung tentang Islam,” jelasnya.

Sebelumnya, rombongan ini sering mengunjungi berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatra, NTT dan Kalimantan untuk belajar budaya. (Ida F, Fatma/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *