Tips Agar Tetap Produktif Ketika Dilanda Mager

Oleh : Anita Ayu P

Sering mendengar kata ‘mager’? Tentu kata itu tidak asing bukan di telinga kalian. Yup, kata itu merupakan istilah gaul yang populer dikalangan remaja. Kata ini ternyata singkatan dari ‘malas gerak’. Bahkan kata mager ini sudah masuk dalam KBBI, lho. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun. Nah, apalagi jika kita kaitkan dengan kondisi sekarang ini yang mengharuskan kita agar tetap tinggal di rumah saja. Pastinya mager ini selalu melanda bukan?. Oke, sekarang aku bakal kasih sedikit tips ke kalian agar tetap produktif ketika sedang dilanda mager yaitu antara lain:

  1. Niat Untuk Tetap Produktif
    Bukanlah semua perbuatan dan perilaku kita tergantung pada niat?. Seperti yang terkandung dalam hadist yang artinya “Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya”. Sehingga apapun itu usahakan pakai niat dan dilakukan dengan hati, ya. Siap?
  2. Buatlah to the list (daftar tugas-tugas)
    Mengapa hal ini penting?. Karena dengan kita membuat to the list ini dapat memudahan pekerjaan apa yang akan kita lakukan. Sehingga kita tidak perlu bingung lagi mau melakukan apa. Usahakan ketika membuat ini di malam hari sebelum tidur, ya. Agar besoknya kita tinggal melaksanakannya apa saja yang telah kita tulis dalam to the list. Bagaimana jadi lebih teratur dan rapi bukan?.
  3. Bangun Pagi
    Bagun pagi sangatlah bagus untuk kesehatan. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang bangun pagi akan lebih bahagia karena memilki mood yang baik dan merasa sehat jika dibandingkan dengan mereka yang memilki kebiasaan begadang hingga larut malam. Apalagi jika kalian orang muslim, harus melaksanakan shalat subuh bukan?. Nah, setelah shalat usahakan tidak kembali tidur, ya. Kenapa? Karena selain tidak bagus untuk kesehatan, ternyata dapat menghalang datangnya rezeki, lho. Terus apa yang bisa kita lakukan? Kalau ini disesuaikan saja dengan kebutuhkan dan kemauan kalian, ya. Karena dalam hal ini tidak semua orang sama. Mungkin kalian bisa melakukan aktivitas ringan seperti: mengaji, jalan-jalan, memasak, mencuci piring, mandi, membaca buku, menulis, dll. Nah, dengan demikian kalian akan merasa bersemangat untuk menjalani hari-hari.
  4. Evaluasi Diri
    Nah, ketika kalian sudah melakukan rutinitas sepanjang hari sesuai dengan to the list, maka kalian lakukan evaluasi diri atau muhasabah diri sebelum besok menyambut hari yang esok, jika masih diberikan kesempatan dari Sang Pencipta. Mengapa evaluasi ini penting? Karena dengan melakukan ini kita bisa mengetahui apa saja yang sudah kita lakukan selama satu hari itu. Apakah sudah sesuai dengan keinginan atau belum? Jika sudah lanjutkan serta tingkatkan kembali. Namun, jika belum bisa maksimal, tidak apa-apa tetap lanjutkan saja. Dan yang paling penting memaafkan diri sendiri atas apa yang sudah terjadi selama satu hari ini.
  5. Apresiasi Diri Sendiri
    Oke, langkah terakhir sekali-kali kalian bisa memberikan apresiasi kepada diri sendiri. Bagaimana caranya? Itu kalian sendiri yang dapat menjawabnya. Karena cara apresiasi kepada diri sendiri setiap orang juga berbeda-beda tidak bisa sama ratakan. Ada yang memliki barang kesukaan, liburan, nonton film, membaca dan menulis sepuasnya, atau bahkan ada yang tidur saja seharian. Hal itu tidak masalah asalkan masih tahu waktu, toh juga bukan setiap hari bukan? Kalau langkah ini tergantung kalian saja, ya.
    Itulah sedikit tips dari saya, semoga kalian bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Apabila tidak sesuai dengan apa yang kalian inginkan tidak apa-apa. Semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan, terutama untuk kalian yang masih suka mageran, heheh *Canda, ya. Terima kasih, saya tunggu kabar baiknya.

1 Komentar

  1. El Balas

    Terima kasih banyak atas tipsnya untuk saya yang mageran berat ini ya :’)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *