Sunday, 20/1/2019 | : : UTC+0
LPM DinamikA

Tertimpa Dahan Pohon, 2 Motor Mahasiswa Rusak

Tertimpa Dahan Pohon, 2 Motor Mahasiswa Rusak
Doc. Satpam

Doc. Satpam

Klikdinamika.com , Salatiga – Hujan deras dan angin kencang yang mengguyur Kota Salatiga, Jumat (10/11) kemarin mengakibatkan dahan pohon beringin patah dari pohonnya di depan auditorium Kampus 1 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Salah satu saksi mata, mahasiswa Manajemen Bisnis Riyan Hidayat, membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengungkapkan, dahan pohon tersebut menimpa empat motor pada pukul 16.10 WIB yang sedang terparkir di sekitar area, dua diantaranya rusak. “Ketika ada angin kencang, dahannya jatuh, motor yang parkir di bawahnya ambruk, jatuh tertimpa,” jelasnya.

Sama halnya dengan Iqbal yang melihat kejadian tersebut langsung turun ikut membantu mengamankan sepeda motor yang tertimpa. “Waktu kejadian saya langsung cari  mantol hujan, turun ikut bantu-bantu sama petugas keamanan dan kebersihan kampus mengamankan motor dan menyingkirkan dahan ke pinggiran,” imbuhnya.

Diketahui, pemilik motor mahasiswa Perbankan Syariah Fauzi, sedang berada di Masjid Darul Amal (MDA) Salatiga  ketika musibah tersebut terjadi. Ia tidak menyangka jika motornya rusak, “Tak kira ndak papa tapi ternyata pecah lampunya, jalannya bisa, cuma lampunya tidak bisa,” jelasnya.

Begitu juga dengan kondisi sepeda motor lainnya yang juga terdapat beberapa kerusakan seperti di bagian badan motor dan stang yang bengkok. “Saya sedang kuliah, jadi nggak tahu kalau motor saya rusaknya yang lumayan paling parah, masih bisa jalan sih, cuma stangnya agak bengkok,” papar Fadil.

Salah satu anggota Mapala Mitapasa Soleh Rubianto, mengatakan insiden ini menjadi perhatian terhadap bagaimana perawatan yang seharusnya dilakukan terhadap pohon beringin tersebut. Pemangkasan beberapa dahan yang terlalu lebar perlu dilakukan untuk mencegah insiden buruk kembali terjadi. “Sebenarnya adanya pohon ini menjadi perlindungan dari panas matahari dan kegersangan. Pihak kampus berhak untuk merapikan beberapa dahan yang lebar dan membahayakan seperti di atas aula. Mapala juga siap membantu  dan kerjasama untuk merapikan pohon beringin itu atas ada rembugannya,” katanya menjelaskan.

Tak hanya itu, Agus Waluyo selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Salatiga menjelaskan permasalahan ini menjadi pembelajaran untuk lebih pandai merawat meskipun kejadian tersebut karena musibah. “Saya kemarin sudah mendapat laporan, bilamana kerusakan motor mahasiswa ya itu sudah diserahkan sesuai kestrukturan yakni ke FEBI karena lokasinya di kampus 1. Lebih lanjut nanti akan didiskusikan,” tuturnya saat ditemui usai mengikuti upacara  peringatan  Hari Pahlawan bersama Pemkot Salatiga di lapangan Pancasila. (Tim/Red).

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Email: redaksi@klikdinamika.com

Phone: 089668318523

Address: Gd. A Lt. 2 Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar no. 2 Salatiga