Sunday, 20/1/2019 | : : UTC+0
LPM DinamikA

Pelepasan Mahasiswa KKN 2019

Pelepasan Mahasiswa KKN 2019

Pelepasan Mahasiswa KKN 2019
Klikdinamika.com – Mahasiswa IAIN Salatiga melaksanakan upacara pelepasan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada Jumat, (11/01/2019) di halaman Gedung KH. Hasyim Asy’ari, Kampus 3 IAIN Salatiga. Upacara itu dipimpin oleh Rektor IAIN Salatiga, Rahmat Hariyadi.

Kegiatan KKN merupakan salah satu bagian dari proses perkuliahan mahasiswa yang mencakup 4 SKS di semester 7. Hari ini (Jumat) merupakan hari kedua proses pelepasan mahasiswa KKN dengan tujuan Kecamatan Wonosegoro dan Kecamatan Karanggede.

Di dua kecamatan yang terdiri dari 10 desa terdapat 3 posko dengan 24 mahasiswa di setiap desa dengan total 480 mahasiswa. Pada setiap desa terdapat 1 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang bertujuan untuk mengawal dan mengontrol mahasiswa saat di lapangan. Kegiatan KKN ini diselenggarakan oleh LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) IAIN Salatiga.

Pelaksanaan upacara pelepasan di halaman gedung IAIN Salatiga dirasa kurang kondusif. “Pembagian tempat saat upacara hanya diatur berdasarkan kecamatan tujuan KKN (Karanggede dan Wonosegoro), bukan sesuai kelompok posko, jadi agak semrawut. Hal ini sangat disayangkan karena mengurangi kekhidmatan saat upacara pelepasan berlangsung.” Ujar Ifadati, salah satu mahasiswa KKN.

Runtutan kegiatan KKN melalui 5 proses, yaitu pembekalan, pelepasan, penyerahan, pelaksanaan, dan penarikan mahasiswa KKN. Proses pelepasan mahasiswa dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan sebanyak 30 angkot dan sebagian besar mahasiswa mengendarai motor masing-masing. Di dalam 1 angkot terdapat 1 penanggungjawab untuk menjaga keamanan. Pengawalan perjalanan pun dibantu oleh Patwal Polres Salatiga agar tertib dan terjaga keamanannya selama perjalanan menuju tempat tujuan KKN.

Mahasiswa KKN diserahkan oleh pimpinan kampus yang diwakili oleh wakil rektor dan diserahkan kepada pimpinan desa seperti Kepala Desa, Camat, Muspika, dan jajarannya ketika proses upacara serah terima di kantor kecamatan. LP2M diwakilkan oleh Dekan Fakultas Syariah, Siti Zumrotun.

“Tata kelola yang kami jalin dengan pimpinan daerah tujuan KKN sangat baik. Bahkan respon yang kami dapatkan sangat positif. Pihak daerah ingin setiap tahunnya mahasiswa IAIN dapat menempati daerah mereka. KKN IAIN Salatiga menerapkan tema berbasis kemasjidan, sehingga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Tema kemasjidan bukan hanya bagaimana mahasiswa memperbaiki masjid, tetapi juga memakmurkan masjid dengan segala kegiatan di bidang budaya, sosial, ekonomi, dan sebagainya.” Tegas Adang Kuswaya, Ketua LP2M.

Semakin bertambahnya mahasiswa IAIN Salatiga juga berpengaruh pada tempat tujuan KKN. Tahun ini lokasi KKN terdapat di 4 kabupaten, yaitu Kab. Grobogan, Kab. Purworejo, Kab. Boyolali, dan Kab. Magelang. Tahun sebelumnya hanya ada di 2 kabupaten.

KKN ini diharapkan agar mahasiswa dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh selama kuliah ke dalam masyarakat untuk bisa hidup bermasyarakat secara realitas dan idealitas. Jadi, para mahasiswa mendapatkan ilmu yang berharga secara teori dalam proses perkuliahan maupun secara sosial dalam masyarakat. (Elvira/Red)

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Email: redaksi@klikdinamika.com

Phone: 089668318523

Address: Gd. A Lt. 2 Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar no. 2 Salatiga