Thursday, 14/12/2017 | : : UTC+0
LPM DinamikA

PDP KOPMA: ‘Marketing Challenge’ di Momen Wisuda

PDP KOPMA: ‘Marketing Challenge’ di Momen Wisuda

Post by relatedRelated post

User Rating
Marketing challence

Marketing challence

Salatiga – Perosesi wisuda ke-6 Institut Agama Islam Negeri Salatiga pada Sabtu (25/11) tak hanya mendatangkan bahagia para wisudawan. Pasalnya, puluhan penjual musiman wisuda pun turut kecipratan rezeki. Seperti terlihat dari banyaknya stand penjual di samping area gedung A kampus 3 IAIN Salatiga. Di balik acara wisuda, terdapat para pedagang yang mecoba untuk mencari keuntungan dengan menjajakan dagangan mereka. Tak terkecuali koperasi mahasiswa (KOPMA) turut memanfaatkan momen tersebut.

KOPMA memanfaatkannya dengan melakukan serangkaian acara dari kegiatan Pendidikan Dasar Perkoperasian (PDP). Kegiatan yang dilakukan oleh koperasi mahasiswa atau kopma tersebut adalah marketing challenge yang dilaksanakan di 3 lokasi berbeda yaitu di kampus 1, kampus 2 dan kampus 3. Untuk kegiatan yang dilaksanakan dikampus 3 sendiri, pihak kopma memanfaatkan moment acara wisuda, yang ramai dihadiri para keluarga dari wisudawan dan wisudawati.

Acara marketing challenge yang diselenggarakan oleh koperasi mahasiswa, di ikuti oleh 350 anggota baru, yang terbagi menjadi 35 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 10 hingga 14 orang didampingi seorang fasilitator.

Tyas Ariski (20), salah satu fasilitator KOPMA menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih para anggota baru agar mereka terdidik dalam bidang pemasaran, cara mendapatkan keuntungan, dan merasakan bagaimana terjun langsung ke lapangan.

“Barang dagangan yang mereka jual antara lain makanan, minuman, masker, pernak-pernik dan lain sebagainya,” tambahnya.

“Dari kopma tidak ada target berapa yang harus dipenuhi, tapi ya kalo bisa semua habis terjual,” tuturnya Tyas.

Tyas juga mengatakan bahwa ada izin di masing-masing kampus, untuk kampus satu, dua, dan tiga sudah ada izinnya. Namun, untuk yang berjualan dengan cara asongan, pihak kopma langsung berjualan saja.

Risky Nanda (19) salah satu anggota baru kopma menyatakan bahwa dari acara ini dia bisa belajar bagaimana cara memasarkan produk dengan baik, cara mendapatkan keuntungan dan merasakan berjualan secara langsung. (Norma/Sabila/Red)

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Email: redaksi@klikdinamika.com

Phone: 089668318523

Address: Gd. A Lt. 2 Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar no. 2 Salatiga