Tuesday, 19/6/2018 | : : UTC+0
LPM DinamikA

Menguak Strategi Belajar Bahasa Arab di Era Milenial

Menguak Strategi Belajar Bahasa Arab di Era Milenial

doc. Suharsono

Klikdinamika.com, Salatiga (12/5)- Bertempat di Auditorium Kampus 1 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ittaqo menyelenggarakan  Seminar Nasional dengan dua pemateri ahli di bidangnya, yaitu Dr. H. Abdul Munip, M.Ag, trainer dan penulis sekaligus dosen bahasa Arab dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Dr. Supardi, S.Ag, M.A, dosen sekaligus Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN Salatiga.

“Orientasi yang dicapai dalam acara ini agar mahasiswa mampu menyeimbangkan antara prospek di bahasa Arab dengan bahasa Inggris. Karena seiring berjalannya waktu negara Indonesia masih terbelakang terutama dibidang pembelajaran Bahasa Arab, maka dari itu kami UKM Ittaqo menyelenggarakan Seminar Nasional ini,” ujar Syaikha, sekretaris panitia.

Abdul Munip mengatakan, bahasa Arab tidak lepas dari agama Islam di era sekarang ini. Bahasa Arab memiliki tantangan yang harus dipikirkan oleh mahasiswa, diantaranya: metode pembelajaran, bahan ajar, dan tujuan pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, juga terdapat problem-problem dari linguistik bahasa Arab sendiri, seperti, sistem tulisan, pengucapan bunyi huruf, dan perbedaan tataran morfologi. Karena, morfologis antara bahasa Arab juga berbeda dengan bahasa Indonesia antara akar kata dan dasar kata.

“Pada hakikatnya belajar Bahasa Arab di Era Milenial atau di zaman now adalah Belajar Bahasa dengan semaksimal mungkin memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber dan medium utama belajar bahasa Arab, misalnya internet,” ujar Supardi.

Menurutnya, strategi dalam belajar di era millenial yaitu dengan sistem one day one sentence, dan one day one story. Bacalah berita-berita aktual dalam bahasa Arab melalui surat kabar digital/elektronik, misalnya al-Ahrom, al-Jazera, dan lain-lain. Dari bacaan ini Anda akan mendapatkan istilah-istilah dan ungkapan baru yang sesuai dengan perkembangan zaman now. Belajarlah melalui Youtube Arab, carilah lagu –lagu Arab Fusha khususnya dari Youtube, bernyanyilah dan bergembiralah, dengan itu anda belajar pengucapan dan mufrodat (kosa kata) baru.(SONO)
[6:32 PM, 5/13/2018] Meilindapogong(^.^): Sing

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Email: redaksi@klikdinamika.com

Phone: 089668318523

Address: Gd. A Lt. 2 Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar no. 2 Salatiga