Sunday, 20/1/2019 | : : UTC+0
LPM DinamikA

Lomba HUT Satpam, IAIN Salatiga Targetkan Masuk Juara 3 Besar

Lomba HUT Satpam, IAIN Salatiga Targetkan Masuk Juara 3 Besar

Doc. Dinamika

Satpam IAIN Salatiga terus mengadakan pelatihan-pelatihan dalam rangka berpartisipasi dalam perlombaan satpam, untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) satpam ke-38 tingkat Polres Salatiga.

Bertempat di lapangan depan gedung K.H. Hasyim Asy’ari Kampus 3 IAIN Salatiga, latihan ini biasanya diadakan seminggu 2 kali, yaitu di hari Jumat, pada minggu ke-2 dan ke-4. Menjelang perlombaan ini, maka pelatihan tersebut diadakan 5 kali dalam satu minggu, yaitu mulai hari Senin sampai Jumat.

“Untuk saat ini persiapan kita sudah mencapai 50%, semakin mendekati hari perlombaan maka kita semakin giat berlatih. Target kita masuk dalam 3 besar untuk PBB dan ketangkasan, karena cabang lomba tersebut baru tahun ini diadakan”. Ujar komandan satpam IAIN Salatiga, Ratno Budi Santoso, saat diwawancarai, Rabu (28/11).

Perlombaan yang diselenggarakan oleh Polres Kota Salatiga ini dimulai pada tanggal 08 Desember 2018 dengan menggelar beberapa cabang perlombaan seperti cerdas cermat, voli, PBB dan ketangkasan. Satpam IAIN mengutus sebanyak 9 orang untuk cabang lomba voli putra, 3 orang untuk cerdas cermat, dan 10 orang untuk cabang lomba PBB dan ketangkasan.

Sebelumnya, satpam IAIN Salatiga memperoleh juara 3 untuk cabang lomba cerdas cermat, maka untuk tahun ini menargetkan untuk memperoleh juara 1 atau 2. “Target itu semua hanya sekedar membakar semangat teman-teman semua, bukan untuk dijadikan ambisi utama. Tapi untuk target utama kita adalah membenahi kedisiplinan setiap anggota satpam serta kesadaran akan tugas dan tanggung jawab satpam kita”. Ungkap Budi.

Untuk PBB dan ketangkasan, satpam IAIN Salatiga dilatih langsung oleh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Sedorejo, Polres Salatiga, Darsono. “Ini sebenarnya proker saya sendiri, dan setelah berbincang bersama pak rektor, ternyata proker kita sama yaitu mengadakan pelatihan-pelatihan bagi satpam kita guna meningkatkan skill dari satpam kita itu sendiri”. Kata Darsono.

Adapun materi yang disampaikan yaitu meliputi tugas pokok, fungsi, dan peran satpam, latihan fisik, PBB, pengaturan lalu lintas, bela diri tangan kosong, penggunaan tongkat T sebagai alat penyerang dan pertahanan, serta penggunaan borgol.

“Harapan kita dalam mengadakan pelatihan ini adalah agar satpam bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, disiplin, mampu bekerja dengan baik, serta yang terpenting memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugasnya”, ujarnya.(Rozi/Red)

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Email: redaksi@klikdinamika.com

Phone: 089668318523

Address: Gd. A Lt. 2 Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar no. 2 Salatiga