Wednesday, 20/9/2017 | : : UTC+0
LPM DinamikA

Konsumsi Kunyit, Haid Lancar

Konsumsi Kunyit, Haid Lancar

Haid atau menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi biasa terjadi pada setiap wanita normal mulai dari usia 15 tahun sampai terjadinya masa monopause (berhentinya menstruasi). Siklus menstruasi  yang umumya berlangsung terjadi kurang lebih 28 hari (antara 21-35 hari). Sedangkan lamanya menstruasi berkisar 3-10 hari, namun rata-rata wanita mengalaminya selama 5-7 hari.

www.gulalives.co

Sumber gambar: www.gulalives.co

Ketika mengalami menstruasi, wanita akan mengalami kram dalam perut. Biasanya wanita merasakan kram pada hari-hari di awal menstruasi (antara hari pertama sampai hari ke tiga). Kram yang dialami wanita ketika menstruasi adalah akibat dari kontraksi otot perut ketika mengeluarkan darah dari dalam rahim. Otot rahim yang telah bekerja sangat intens ini pun akan mengalami ketegangan (kram) dimana kondisi tersebut menyebabkan nyeri.

Kondisi tersebut merupakan hal yang biasa dialami oleh setiap wanita menstruasi. Nyeri haid disebabkan oleh dinding otot rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Akibatnya, pasokan oksigen ke dalam rahim terhambat dan memicu munculnya rasa nyeri bagian bawah perut. Rasa sakit saat nyeri yang muncul memiliki pengaruh berbeda pada tiap wanita. Jika nyeri haid yang parah sebaiknya diperiksakan ke dokter. Namun jika nyeri yang dialami tidak terlalu parah, ada pengobatan secara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

Banyak pengobatan alami yang dapat meredakan rasa nyeri ketika menstruasi. Salah satu obat tradisional yang bisa dilakukan ketika menstruasi yaitu dengan mengkonsumsi kunyit. Kunyit atau kunir merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan dalam bumbu masak. Namun ternyata, kunyit memilki kasiat sebagai obat herbal. Beberapa gejala haid dapat diatasi dengan mengkonsumsi kunyit. Salah satunya adalah dapat mengatasi rasa kram (nyeri) ketika menstruasi. Kunyit mengandung kurkumin yang bekerja sebagai agen anti peradangan yang mengurangi produksi dan menghambat aktivitas agen peradangan dan juga mengurangi  rasa nyeri. Selain itu kunyit juga dapat membantu melancarkan suklus menstruasi. Kandungan kukrkumin dalam kunyit ini juga dapat membantu mengatasi rasa sakit selama PMS (Sindrom Pra-Menstruasi), juga dapat mempengaruhi neurotransmiter otak sehingga meringankan masalah emosional dan depresi.

Selain manfaat diatas, kunyit dapat membantu menurunkan faktor penyebab haid tidak teratur atau tidak normal. Jadi ketika wanita mengalami masalah saat menstruasi dengan timbulnya rasa nyeri , PMS, dll, tidak perlu bingung cara mengobatinya, karena dengan mengkonsumsi kunyit masalah yang dialami akan teratasi.

Penulis: Tri Wahyuni (Divisi Penelitian dan Pengembangan)
sumber:

https://www.menstruasi.com/menstruasi, diakses 7/17/17 06.50

www.alodokter.com/nyeri-haid/gejala, diakses 6/17/17 20.17

http://www.tipscaramanfaat.com/kunyit-melancarkan-haid-2702.html, diakses 6/23/17 14.50

Tags: , ,

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Email: redaksi@klikdinamika.com

Phone: 089668318523

Address: Gd. A Lt. 2 Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar no. 2 Salatiga