Friday, 18/8/2017 | : : UTC+0
LPM DinamikA

Getar: Mijil Bukan Berarti Kelahiran

Getar: Mijil Bukan Berarti Kelahiran

Klikdinamika.com, Salatiga  (11/5)  – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-29, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Gerakan Teater Rakyat (GETAR) mempersembahkan pementasan Apresiasi seni #4 dengan tema “Mijil” yang digelar di Aula Kampus 1 Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Salatiga. Mijil merupakan salah satu tembang Macapat kedua setelah Maskumambang. Mijil digambarkan sebagai seorang anak yang terlahir dari gua garba ibu.

Pementasan Apresiasi Seni buah karya UKM Getar dalam HUT ke-29

Pementasan Apresiasi Seni buah karya UKM Getar dalam HUT ke-29

Lain halnya  bagi getar,  makna Mijil disini bukanlah kelahiran (dalam hal ini diartikan kelahiran  Getar).  Namun, Mijil melambangkan harapan agar kesempatan baru, anggota baru, visi, misi, dan tujuan baru bisa membawa getar lebih baik. Tak hanya itu, tapi juga dapat mengangkat  Getar  ke tingkat yang lebih tinggi dan berseni lebih baik lagi.

Rangkaian acara HUT  Getar berlangsung selama 4 hari dengan berbagai jenis agenda yang berbeda.  Khataman Al-Qur’an yang diikuti oleh seluruh UKM IAIN Salatiga, Ormawa, Alumni, dan Warga Getar sendiri pada Senin (08/5) membuka rangkaian acara HUT  Getar. Setelah itu,  pembukaan Apresiasi Seni #4, lomba membaca puisi SMA sederajat Salatiga, Pameran Lukisan, dan pementasan teater dari berbagai kota yang berasal dari komunitas teater Salatiga, Semarang, Solo, Jogja, dan Magelang.

Selain itu,  Getar  juga  menampilkan  pameran  seni musik dari berbagai Komunitas di Salatiga seperti (Seni Music Club) SMC IAIN Salatiga, KPK komunitas keroncong Salatiga, Peninja Kembali dari IAIN Salatiga, Ngirit dari Universitas Muhammadiyah Semarang, ASA & WADES dari UIN Wali Songo Semarang serta Korban Suwung dari UKM Racana Dilaga Woro Srikandi ).

Pada malam puncak  perayaan, pagelaran seni tersebut diisi dengan serangkaian acara pementasan Teater dari Getar sendiri (Negri Gila yang di tampilkan oleh anggota baru getar,  Titik Nol yang di perankan oleh Alumni getar, dan pembacaan puisi yang ditampilkan oleh salah satu anggota Getar yang mendapat Juara ketiga dalam PIONIR se-Indonesia). Selain itu, juga ada penyerahan hadiah bagi pemenang lomba baca puisi. (Idf/Red)

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Email: redaksi@klikdinamika.com

Phone: 089668318523

Address: Gd. A Lt. 2 Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar no. 2 Salatiga